Berita
Dapat Kunjungan Duta Besar, UMP Beri 10 Beasiswa Calon Mahasiswa Palestina
Jumat 8 November 2019      Berita
Dapat Kunjungan Duta Besar, UMP Beri 10 Beasiswa Calon Mahasiswa Palestina

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa Tengah bekerjasama dengan Kedutaan Besar Palestina untuk Indonesia dalam pemberian beasiswa pendidikan. Pelajar Palestina pun bisa mendapatkan beasiswa kuliah di UMP.

Pemberian beasiswa ini merupakan bentuk komitmen membantu masyarakat Palestina memajukan negerinya. Komitmen ini diwujudkan melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama oleh Rektor UMP Dr Anjar Nugroho dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Dr Zuhair SM. Al Shun.

Rektor UMP menuturkan isi dari kerja sama ini adalah memberikan kesempatan bagi mahasiswa asal Palestina untuk melanjutkan studi di UMP. Sebanyak 10 orang akan diberikan beasiswa penuh oleh UMP untuk melanjutkan studi di UMP.

"Hasil dari pendidikan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk membangun Palestina," ujarnya.

Penandatanganan Kerjasama ini dilakukan di Ruang Rektor UMP dengan disaksikan oleh pimpinan wakil rektor akademik dan kerjasama Dr Jebul Suroso.

Rektor UMP menjelaskan sebagai eksponen dari Muhammadiyah secara umum tentu akan membantu apa yang dibutuhkan Palestin dengan selaga yang dimiliki.

“UMP adalah bagian dari 174 Perguruan Tinggi  Muhammadiyah yang ada di Indonesia. Tentu kita ingin berkunjung ke Palestina. Kita akan agendakan itu. Kebetulan akhir bulan Desember besok kita (UMP) sudah ada agenda ke Turki dan Lebanon jika memungkinkan sekaligus mengunjungi Palestina,” jelasnya.  

Untuk bantuan dalam bidang pendidikan, lanjut Rektor, akan diberikan beasiswa bagi pelajar Palestin agar dapat berkuliah di UMP.

Senada dengan hal itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Dr Jebul Suroso menjelaskan UMP memiliki 11 Fakultas dan lebih dari 40 Program Studi, prodi-prodi  yang dapat diikuti mahasiswa asing antara lain pendidikan Bahasa Ingris, Sastra Ingris, Farmasi, S2 Pendidikan Bahasa Ingris dan S2 Manajemen.

“Kita biaya secara penuh. Insyaallah untuk jurusan tersebut sudah siap dengan penutur asingnya,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Dr Zuhair SM Alshun berharap dukungan yang diberikan UMP dapat memberikan kemerdekaan dalam bidang pendidikan.

“Pada hari ini ke UMP berharap banyak dukungan yang diberikan UMP kepada kita, baik dukungan untuk kemerdekaan ataupun dari segi lain seperti politik, ekonomi sosial dan lain lain.

Menurutnya, perkembangan Palestina saat ini sudah merambah diberbagai bidang yang tak lepas dari bantuan berbagai pihak. “Kami berharap UMP dapat membantu lewat bidang pendidikan seperti pertukaran mahasiswa, atau beasiswa semacam itu,” jelasnya dengan menggunakan bahasa Arab. (cah/tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini