Hikmah
MENGEJAR MIMPI
Jumat 15 November 2019      Hikmah
MENGEJAR MIMPI

Penulis : Mita Wahyuningrum, S.Pd.

Perjalanan hidup manusia memang tidak selalu sesuai dengan yang diharapkan, terkadang kita harus melewati lembah yang terjal terlebih dahulu untuk mendapatkan sesuatu yang sesuai dengan harapan. Tidak semua harapan berakhir dengan bahagia. Terkadang kita perlu jatuh, lalu bangkit untuk terjatuh kembali. Jangan pernah mengutuk diri sendiri atas kegagalan yang terjadi, melainkan bangkit dan memperbaiki kesalahan sehingga kedepannya lebih baik lagi. Tidak ada yang salah dari sebuah kegagalan. Kita manusia hanya perlu menikmati segala prosesnya.

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي كَبَدٍ

Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah.” (QS. Al-Balad: 4).

Oleh karena itu, sepatutnya kita sebagai manusia berusaha melakukan perbuatan yang dapat menghilangkan penderitaan dan mendatangkan kegembiraan serta kesenangan. Jika kita tidak melakukannya maka akan senantiasa dalam penderitaan. Allah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya, agar ia pandai bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan kepadanya. Allah Subhaanahu wa Ta’ala berfirman, “Apakah dia (manusia) itu mengira bahwa tidak ada sesuatu pun yang berkuasa atasnya?”

Kita sebagai manusia sering bertanya-tanya mengapa kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan padahal kita sudah berjuang mati-matian. Hal ini dijawab oleh Allah SWT dalam QS. Al Baqarah ayat 216 yang artinya “Boleh  jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.”

Selain dengan berusaha kita juga perlu memohon  pertolongan Allah dengan sholat dan sabar maka hal itu akan memberikan kekuatan dan ketahanan pada diri kita, sekuat apapun tekanan maupun kegagalan dalam  usaha, bisnis, karier dan perjuangan hidup tidak akan membuat kita berputus asa dalam mengarungi kehidupan ini.

Hendaknya kita selalu berpikiran positif untuk membangun­­­­­ rasa percaya diri dan mengukuhkan cara pandang kita tentang sebuah kegagalan. Dampak dari berpikiran positif  ini dapat membatu kita bangkit dari sebuah kegagalan.

Memang bukan sesuatu yang mudah untuk melewati ujian demi ujian. Tapi dibalik semua itu kita harus tetap tegar dan tetap berdiri menatap awan bangkit dan berjuang lagi. Karena tidak semua orang bisa menjadi pribadi yang tegar. Jangan terlalu kejam terhadap diri sendiri, jangan terlalu menyalahkan diri sendiri, walaupun sekarang kita masih ragu, walaupun sekarang masih banyak pertanyaan yang melintas dipikiran, tapi percayalah suatu saat nanti kita akan mengerti mengapa ini semua terjadi,  mengapa kita harus merasakan sakit terlebih dahulu. Every pain has a purpose. Setiap duka memiliki sebuah makna. Jadi jangan menyerah dan pasrah begitu saja. Kesulitan kita saat ini akan menjadi sebuah cerita yang bisa kita kenang selamanya. Kesulitan ini akan menjadi kekuatan untuk kita melangkah dikemudian hari.

Jangan mudah menyerah, rezeki yang kita butuhkan tidak hanya bertumpuk pada hiruk pikuk peerkantoran. Tidak hanya terkumpul pada tempat yang memudahkanmu untuk  menjalankan kemaksiatan. Balas jasamu tidak sekedar materi duniawi, melainkan sebuah doa dan amal sholeh yang InsyaAllah dapat menghindarkan kita dari kehinaan.

Lelah, gundah tapi semua orang pasti akan merasakannya. Lepaskan beban yang memberatkanmu, dan biarkan Allah yang akan menuntunmu ke jalan yang benar dan percayalah semua akan baik-baik saja. ”Dan kamu tidak dapat menghendaki (menempuh jalan itu) kecuali apabila dikehendaki Allah” (QS. At Takwir : 29). Ayat ini menmyatakan bahwa sesuatu akan tidak akan terjadi kecuali atas kehendakNya.

Begitu banyak hal yang sudah di lewati, perjalanan berharga bisa membuat kita lebih dewasa dalam menjalani kehidupan ini. Jangan berhenti ketika merasa lelah, tapi berhentilah ketika telah sampai di tujuan. Hujan badai memang selalu menakutkan, tapi ingatlah selalu ada pelangi yang datang dengan sejuta harapan. Setiap doa dan usaha tidak ada yang sia-sia, yakinlah semua akan indah  pada waktunya.

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini